News
Loading...

Bukit Kelam Batu Monolit Raksasa di Kabupaten Sintang


Bukit Kelam adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat.

Bukit Kelam yang memiliki ketinggian 1.005 meter diatas permukaan laut ini, merupakan sebongkah batu monolit raksasa yang tercatat dalam 14 batu Monolith terbesar di dunia, bersanding dengan Stone Mountain (Atlanta), Stawamus Chief (Kanada), El Penon de Guatape (Kolombia), Pena de Bernal (Meksiko), Rock of Gibraltar (Inggris), El Capitan (Amerika Serikat), Torres del Paine (Chile), Ben Amera (Australia), Devils Tower (Amerika Serikat), Sigiriya (Sri Lanka), Sugarloaf Mountain (Brazil), Zuma Rock (Nigeria), dan Uluru/Ayers Rock (Australia).

Bukit yang menjadi objek wisata kebanggan masyarakat Kabupaten Sintang ini, berjarak sekitar 395 kilometer di sebelah timur Kota Pontianak. Sedangkan dari pusat Kota Sintang, hanya berjarak sekitar 19 kilometer.

Akses jalan menuju kawasan ini telah beraspal mulus dan dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, sehingga memudahkan masyarakat dan wisatawan untuk mengunjunginya.

Keindahan dan keunikan Bukit Kelam ini menarik wisatawan baik lokal hingga mancanegara.

Ada berbagai jenis flora dan fauna langka yang dapat ditemukan di Bukit Kelam, seperti Trenggiling, Kelelawar, Beruang Madu, Kelampiau, Bunglon, Biawak, pohon Meranti, pohon Tengkawang, Durian Merah, Buah Kelawit, Mentawak, Puluntan, Belimbing Hutan, Anggrek Kantong Semar, dan berbagai flora khas Kalimantan lainnya.

Mendaki ke puncak bukit Sintang adalah petualangan mendebarkan, karena harus melalui tangga batu setinggi 90 meter dan tebing yang curam. Di puncak bukit ada gua-gua alam yang eksotik dan magis bagi masyarakat setempat.

Gua-gua ini juga merupakan rumah dan sarang burung walet. Dari puncak bukit, Anda dapat memandangi keindahan hutan hujan yang membentang luas, lihatlah bagaimana indahnya Sungai Kapuas dan Sungai Melawi dari kejauhan.

Selama pendakian berlangsung, para pengunjung disuguhi dengan pemandangan hutan yang asri, karena meskipun bukit terbentuk dari bongkahan batu namun pepohonan masih bisa tumbuh di sepanjang lereng bukit. Bahkan kita akan menemukan beberapa pepohonan yang hampir punah seperti pohon Belian dan pohon Bengkirai, serta berbagai satwa dan fauna menarik.

Keindahan bukit Kelam berupa gumpalan batu raksasa menjadi suguhan perjalanan yang menyenangkan, terutama saat memasuki komplek wisata yang ada disana. Jalanan berkelok dan tanjangan menukik menjadi pengalaman menarik yang sulit dilupakan.

Yang jelas, Bukit Kelam menawarkan keunikan tersendiri pagi para menikmatnya, selain pemandangan yang eksotis di bukit ini juga terdapat air terjun dan juga goa alam yang menyuguhkan panorama khas Kalimantan Barat.
Share on Google Plus

About Sintang TV

SINTANG TV adalah Media Online Pemberitaan Masyarakat Kabupaten Sintang

0 komentar :

Post a Comment